Rabu, 13 April 2011

Ass...Askum..Asslam...(Seputar Salam)

0 komentar
HASIL BAHTSUL MASAIL FMPP JAWA MADURA KE XXII KOMISI B
Perhatikan ibarat-ibarat di bawah ini
حاشية الجمل على المنهج جـ 4 صـ 189
(قوله ورد سلام) أي مطلوب كل منهما أي الابتداء والرد بصيغة شرعية فخرج نحو سلام الله عليكم أو السلام على سيدنا أو مولانا أو السلام على من اتبع الهدى أو السلام على المسلمين فلا يجب الرد لعدم الصيغة الشرعية وكذا وعليكم السلام لا يجب فيه الرد لما ذكر
فتح المغيث للحافظ السخاوي- (ج 2 / ص 182)
(وأجتنب الرمز لها والحذفا ... منها صلاة أو سلاما تكفى ) واجتنبت أيها الكاتب الرمز لها أي للصلاة والسلام على رسول الله ﷺ في خطك بأن تقتصر منها على حرفين ونحو ذلك فتكون منقوصة صورة كما يفعله الكسائي والجهلة من أبناء العجم غالبا وعوام الطلبة فيكتبون بدلا صلى الله عليه و سلم ص أو صم أو صلم أو صلعم فذلك لما فيه من نقص الأجر لنقص الكتابة خلاف الأولى
تحفة المحتاج في شرح المنهاج - (ج 12 / ص 29) دار الكتب العلمية
(قوله : وتضر في الابتداء) فلو قال وعليكم السلام فلا يكون سلاما ، ولم يجب رده والإشارة بيد أو نحوها من غير لفظ خلاف الأولى ، ولا يجب لها رد والجمع بينها وبين اللفظ أفضل ولو سلم بالعجمية جاز وإن قدر على العربية حيث فهمها المخاطب ووجب الرد نهاية ومغني .
Pertanyaan
  1. Apakah mengirim salam via sms atau surat dengan singkatan seperti Ass.., askum, assalamu'alaikum wr. Wb., dan sebagainya telah dapat dikategorikan salam yang wajib dijawab (termasuk shighat syar'iyyah) ?
  2. Surat permintaan doa yang bertumpuk dan semua mengandung tulisan salam atau titipan salam dari banyak orang. Apakah harus dibaca atau disampaikan dan dijawab semua (satu persatu) ?
Panitia
Jawaban
a.Menyingkat shighot السلام عليكم dengan menggunakan huruf 'ajam seperti Ass, Askum, dsb belum ditemukan referensi yang menyatakan sebagai shighot syar'i.
Kendati demikian, kebiasaan penulisan السلام عليكم dengan menggunakan singkatan-singkatan seperti di atas dalam konteks bahasa SMS tidak dilarang.
REFERENSI
1. Bughiyyah al-Mustarsyidin, hal. 276-277
2. Ath-Thuruq al-Hukmiyyah, hal. 97-100
3. Thoro`iq al-Hukmi fi asy-Syari’ah, hal. 352
4. Ahkam as-Sulthoniyyah, hal. 219-220
5. Al-Fiqh al-Islamiy, juz 8, hal.6127-6128
6. Al-Mausu’ah al-Fiqhiyyah, juz 4, hal. 95-96
7. Qurrotul ‘Ain, Juz 7 Hal. 317-318

b. Kalau seorang penerima salam, maka tidak wajib dibaca, dan apabila dibaca, maka wajib dijawab.
Mengenai titipan salam, wajib disampaikan oleh muballigh atau rasul, dan penerima salam wajib menjawabnya, dengan cara satu persatu bila imkan, dan sekaligus bila tidak imkan.
REFERENSI
1. Syarh an-Nawawi, juz 5, hal. 211
2. Al-Mausu'ah al-Fiqhiyyah al-Kuwaitiyyah, juz 25, hal. 160
3. Nihayah al-Muhtaj, juz 3, hal. 492
4. Hasyiyah ar-Romli 'ala Asna al-Matholib, juz 4, hal. 183
5. I'anah ath-Tholibin, juz 4, hal. 301
6. Fatawa ar-Romli, hal. 555
7. Asna al-Matholib, Juz 4, Hal. 185

Leave a Reply