
- Bagaimana hukumnya seorang laki-laki memakai kalung dan gelang tersebut?
- Apakah bisa menghilangkan muru'ah kesantrian jikalau kang santri memakainya? dan apa konsekuensi hukum fiqihnya?
Membuka Wahana Ilmiyah Bersama
Sering kita melihat dan mendengar orang orang yang skeptis terhadap kitab kuning, mereka menggugat para mushonnifin bahwa kitab-kitab tersebut perlu dikaji dan dikritisi lebih lanjut bahkan ada yang mengatakan produk-produk hukumnya sudah tidak relevan lagi pada saat sekarang mengingat dalam mengarang kitab sudah berabad-abad yang lampau.
Biasanya, ketika perayaan maulid nabi SAW banyak orang yang berebut mendapatkan uang sedekah perayaan tersebut. Mereka berkeyakinan; uang yang didapatkannya membawa berkah (orang yang menyimpannya tidak akan kehabisan uang), dan dibuat azimat. Bahkan sampai sampai ada yang dilaminating.
Sebagaimana yang banyak diterangkan dalam kitab fiqih, biaya panen, pupuk dan semisalnya tidak diambilkan dari maluzzakat, akan tetapi hal yang semacam ini menimbulkan masalah yang tidak ringan bagi petani, seperti pada saat awal krisis kemarin, harga pupuk naik dan harga beras menurun, sehingga tidak sedikit petani yang merugi meskipun hasil panennya lebih dari satu nishob.
Ada seorang pemimpin lembaga sosial (Pesantren/Panti Asuhan misalnya) pada saat yang sama ia adalah pemimpin ORMAS/ORPOL. Karena posisinya tersebut ia sering kedatangan pejabat negara/pemerintah dan pengusaha dengan bantuan baik materi maupun fasilitas lain. Pemberian itu diberikan tidak selalu dengan penegasan (ikrar) untuk keperluan apa. Apakah untuk kepentingan pribadi, pesantren ataukah ORMAS yang dipimpinnya.
ono yang kurang pemerhati agama ini (Islam KTP.red), berubah menjadi sosok yang sangat pemberani, banyak berbicara dan bisa berbahasa krama. Dan yang paling mengherankan ia memiliki kemampuan teruji dalam masalah dunia mistik, seperti mengeluarkan mahluk halus dari dalam rumah, mengobati orang kesurupan, mengambil harta-harta terpendam dan tak jarang ia melepaskan burung dara untuk mencari informasi tentang masalah yang akan ia tangani, dengan ia bercakap-cakap dengan burung dara tersebut. Namun, semua kemampuan di atas itu, hanya terjadi pada malam hari dan dalam keadaan kesurupan.
Pluralisme Agama hanya di permukaan saja kelihatan lebih rendah hati dan toleran dari pada sikap inklusif yang tetap meyakini imannya. Bukan namanya toleransi apabila untuk mau saling menerima dituntut agar masing-masing melepaskan apa yang mereka yakini. Ambil saja sebagai contoh Islam dan kristianitas. Pluralisme mengusulkan agar masing-masing saling menerima karena masing-masing tidak lebih dari ungkapan religiositas manusia, dan kalau begitu, tentu saja mengklaim kepenuhan kebenaran tidak masuk akal. Namun yang nyata-nyata dituntut kaum pluralis adalah agar Islam melepaskan klaimnya bahwa Allah dalam al-Qur’an memberi petunjuk definitif, akhir dan benar tentang bagaimana manusia harus hidup agar ia selamat, dengan sekaligus membatalkan petunjuk-petunjuk sebelumnya.
Kabar gembira untuk pengguna handphone ber OS Symbian anda bisa menambahkan Maktabah Syamilah dalam hp smart anda. Anda bisa membaca kitab-kitab arab dalam jumlah ribuan, karena versi mobile telah dibuat untuk maktabah syamilah. HP yang support dengan program ini adalah : Symbian 2ed : Nokia 7650,6600,6620,6630, N-Gage,6670,6680,6260,7610,N70,N72,N73,N90 ,N93,N95
أَسْتَغْفِرُ اللهْ رَبَّ الْبَرَايَا * أَسْتَغْفِرُ اللهْ مِنَ الْخَطَايَا رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا نَافِعَا * وَوَفِّقْنِي عَمَلاً صَالِحَا ياَ رَسُولَ اللهْ سَلاَمٌ عَلَيْكْ * يَا رَفِيْعَ الشَّانِ وَ الدَّرَجِ عَطْفَةً يَّاجِيْرَةَ الْعَالَمِ * ( يَا أُهَيْلَ الْجُودِ وَالْكَرَمِ
Kawin sirri yang membudaya di sekitar kita kian marak saja, dan banyak di bicarakan orang, lebih-lebih banyak berkeliaran makelar-makelar kawin sirri , hal ini mendatangkan pro dankontra dikalangan masyarakat. Bahkan sejumlah media cetak ikut nimbrung menanggapimasalah ini, menyusul gagasan PMII (pergerakan mahasiswa islam Indonesia) yang inginmemperbolehkan nikah Mut’ah (kontrak), untuk jalan keluarnya problem prilaku sex bebas.
Sella adalah salah satu seorang santri yang aktif, dan masih tercatat sebagai siswi tingkat `Aliyah, yang mana salah satu bidang study tingkat `Aliyah adalah TAFSIR JALALAIN dan dia juga sedang dalam rangka mengkhotamkan hafalan Al-Qur-annya. Dan Sudah menjadi peraturan di Pondoknya untuk memakai AlQur-an SHOFWATUL BAYAN ( pinggiran ) hingga ketika udzurpun dia tetap memakainya dengan alasan ” Orang udzur boleh menyentuhnya “. Dan untuk menunjang hafalannya dia juga memakai Al-Qur-an terjemah dengan anggapan TERJEMAH HUKUMNYA SAMA DENGAN TAFSIR.
Cinta memang tak mengenal usia, sehingga untuk urusan yang satu ini, tidak ada istilah "yang muda yang bercinta". Mungkin inilah ungkapan yang tepat untuk mendeskripsikan Kang Sam (bukan nama sebenarnya). Bagaimana tidak? Di usianya yang menapaki paruh baya, ia kembali coba arungi bahtera rumah tangga yang kedua, dengan seorang janda cantik.
Sudah kita maklumi bahwa sekarang nilai standarisasi UAN selalu meningkat tiap tahun. Akibatnya, banyak siswa-siswa yang mengeluh karena khawatir nanti tidak lulus. Dan kekhawatiran tersebut juga dirasakan oleh para guru pengajar. Akhirnya, banyak kecurangan-kecurangan, diantaranya adalah banyak siswa yang menyontek, dan itu juga ada dukungan dari para guru bahkan dari pihak kepala sekolah, seperti ada yang mendapat bocoran dari gurunya sendiri lewat sms
Mari Belajar © 2011 DheTemplate.com. Supported by Tips for Life and Blogging Tips